Pengaruh Komitmen Organisasional dan Keadilan Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Gemilang Berlian Indah Kubu Raya

Authors

  • William Hariyanto Putra Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh komitmen organisasional dan keadilan organisasional terhadap kinerja karyawan. Meotode penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan populasinya seratus enam puluh sembilan karyawan PT. Gemilang Berlian Indah Kubu Raya. Teknik pengumpulan data adalah simple random sampling, sampel yang digunakan sebanyak enam puluh tiga responden dimana penulis menyebarkan kuesioner kepada para karyawan. Dari perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil uji reliabilitas juga menunjukkan semua instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,315. Hasil analisis regresi linier berganda adalah Y = 0,402 + 0,246. Hasil uji F sebesar 13,821 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pada uji t menghasilkan variabel komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dan keadilan organisasional berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Hidayat. 2012.“Perilaku Kepemimpinan dan Komitmen Karyawan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta)”. Jurnal Aplikasi Manajemen, Volume 10, Nomor 10, Maret.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61

Robbins, Stephen P., dan Timothy A. Judge. 2017. Perilaku Organisasi(judul asli: Organizational Behavior), edisi ke enam belas. Penerjemah Ratna Saraswati dan Febriella Sirait. Jakarta: Salemba Empat.

Ruliana, Poppy. 2016. Komunikasi Organisasi. Edisi Kedua. Cetakan Kedua. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sari, Desria 2015. “Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Puskopkar Riau Pekanbaru”. Jom Fekon, Volume 2, Februari.

Siagian, Sondang P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles