Analisis Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan dimediasi oleh Komitmen Organisasional pada Hotel Merpati Pontianak

Authors

  • Kristoporus Riski Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Berdirinya sebuah organisasi tak terlepas dari terlahirnya nilai-nilai yang menjadi acuan hidup dalam organisasi tersebut, nilai akan menuntut kehidupan didalamnya untuk patuh agar tujuan yang telah ditetapkan mampu tercapai, nilai inilah yang disebut sebagai budaya organisasi. Budaya organisasi yang kuat akan mendukung berbagai tujuan organisasi, budaya organisasi merupakan alat yang menghubungkan karyawan dan organisasi, jika budaya organisasi baik maka karyawan akan merasa bahwa dirinya merupakan bagian dari organisasi tersebut dan menunjukan kinerja yang baik serta berkomitmen pada organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh antara variabel budaya organisasi terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh komitmen organisasional pada Hotel Merpati Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 63 responden pada Hotel Merpati Pontianak. Penentuan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Pembahasan dengan uji model pengukuran (outer model), uji model struktural (inner model), uji hipotesis dan statistik deskriptif. Pengujian model yang diteliti menggunakan software WarpPls 7.0. Hasil dari penelitian adalah budaya organisasi dan komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Merpati Pontianak.  

References

Nurandini, Arina dan Eisha Lataruva. 2014. “Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Pegawai Perum Perumnas Jakarta)”. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, Vol. 11, Pp. 78 – 91.

Sapitri, Ranty. 2016. “Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Listrik Negara Area Pekanbaru” JOM Fisip, vol.3, no.2, pp. 1-9.

Sutanto, Eddy dan Tanuwibowo, Jessica Clairine. 2014. “Hubungan Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasional pada Kinerja Karyawan”. Trikonomika, Vol.13, No. 2, pp. 136–144.

Usmany, Tiara Putri., Djamhur Hamid dan Hamidah Nayati Utami. 2016. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Pabrik Gondorukem Dan Terpentin Sukun Perum Perhutani Kesatuan Bisnis Mandiri Industri Gondorukem Dan Terpentin Ii, Ponorogo)” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol.37, No.2, pp. 38-44.

Verianto, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Efikasi Diri, dan Komitmen Organisasional terhadap Berbagi Pengetahuan Karyawan di Kantor Cabang Utama PT Bank Panin, Tbk. Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 128-146.

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles