Pengaruh Current Ratio, Return on Equity dan Struktur Aset terhadap Debt to Equity Ratio pada Perusahaan Subsektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Elisa Christie Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional memerlukan dana, yang pendanaannya dapat diperoleh dari pihak eksternal. Penentuan sumber pendanaan terlebih dahulu dilakukan dengan menilai kondisi keuangan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh likuiditas (current ratio), profitabilitas (return on equity), dan struktur aset terhadap struktur modal (debt to equity ratio). Bentuk penelitian asosiatif dengan permodelan regresi OLS. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumenter menggunakan data sekunder. Objek penelitian ini pada 36 Perusahaan Subsektor Property dan Real Estate dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil pengujian menunjukkan current ratio dan return on equity berpengaruh negatif terhadap debt to equity ratio, sedangkan struktur aset tidak berpengaruh. Perusahaan yang semakin likuid dan mampu menyediakan dana internal berupa laba ditahan maka kurang tergantung pada sumber pendanaan berupa utang (pecking order theory). Kemampuan model penelitian ini menjelaskan perubahan struktur modal sebesar 17,9 persen.

References

Indriani, Astiwi. 2009. “Analisis Pengaruh Current Ratio, Sales Growth, Return on Assets, Retained Earning, dan Size terhadap Debt to Equity Ratio.” Thesis, Unversitas Diponegoro.

Lipson, Marc L. dan Sandra Mortal. 2009. “Liquidity and Capital Structure.” Journal of Financial Markets, vol.12, pp. 611-644.

Satrio, A.B. dan Kontesa, M. (2021). Financial Information and Firm Value in Developing Markets: Are Investors Rational During Pandemic? Proceeding: The 1st Virtual Conference on Social Science in Law, Political Issue and Economic Development (VCOSPILED), 107-112.

Sunhaji. 2019. “Pengaruh Current Ratio, Return on Equity dan Sales Growth terhadap Sturktur Modal pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Industri Logam dan Mineral yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2015).” Jurnal Akademi Akuntansi, vol.2, no.1, hal. 62-70.

Swan, Hui. 2017. “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, dan Likuiditas terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2015.” Thesis, Universitas Tanjungpura.

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles