Analisis Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi Karyawan terhadap Kinerja Karyawan di Credit Union Khatulistiwa Bakti Pontianak

Authors

  • Rulliati Wenni Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja dan kompetensi karyawan Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Metode penelitian yang diguanakan adalah metode asosiatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan sampling jenuh. Jumlah sampel sebanyak 34 responden. Teknik pengujian data yang digunakan meliputi validitas dengan analisis faktor, uji realibilitas dengan alpha cronbach, analisis regresi sederhana, uji F, uji t, dan uji analisis signifikansi koefisien determinasi untuk membuktikan kebenaran hipotesis. Alat untuk pegujian penelitian ini adalah program SPSS versi versi 21. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji t, bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karaywan Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak, kompetensi karaywan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Selanjutnya berdasarkan hasil uji f, motivasi kerja dan kompetensi karyawan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak.

References

Maizar, Jon. 2017. Pengaruh Motivasi, Kompetensi Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perkebunan NUsantasa VI (Persero) Pasaman Barat. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, Vol 6 No 2.

Ningsih, S. Rahayu dan Nonik Maelani. 2018. Pengaruh Kompetensi, Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT.Pisma Garment Demak Jawa Tengah). Jurnal Prosding SENDI_U.

Priyastama, Romie. 2020. The Book Of SPSS Pengolahan dan Analisis Data. Yogyakarta: STAR UP.

Safwan, Nadirsyah, dan Syukriy Abdullah. 2014. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Akuntansi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During The Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Sufianti, Arti dan Johar Permana. 2015. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompetensi Professional Terhadap Kinerja Dosen Di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No 1.

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles