Pengaruh Return on Assets, Debt to Equity Ratio, Current Ratio, dan Earning Per Share terhadap Return Saham pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Devi Lunessa Setio Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Investor dalam berinvestasi saham perusahaan dapat terlebih dahulu melakukan analisis fundamental melalui rasio keuangan untuk memperoleh return dari investasinya tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh return on assets, debt to equity ratio, current ratio, dan earning per share terhadap return saham. Bentuk penelitian asosiatif. Objek penelitian pada 33 Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI periode 2014 hingga 2018 dengan penentuan berdasarkan metode purposive sampling. Pengumpulan data dengan studi dokumenter berupa data sekunder. Analisis data dengan model regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa return on assets berpengaruh positif terhadap return saham, sedangkan debt to equity ratio, current ratio, dan earning per share tidak berpengaruh. Perusahaan dengan kemampuan menghasilkan laba yang semakin tinggi menunjukkan kinerja keuangan perusahaan yang semakin baik yang kemudian dapat mendorong investor dalam berinvestasi pada perusahaan.

References

Arista dan Astohar. 2012. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Return Saham.” Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan, vol.3, no.1, hal.1-15.

Astuti, Subekti Puji. 2006. “Analisis Pengaruh Faktor-faktor Fundamental, EVA, dan MVA terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta Periode 2001-2003).” Tesis Universitas Diponegoro.

Christanty, Mila. 2009. “Analisis Pengaruh Faktor Fundamental dan Economic Value Added (EVA) terhadap Return Saham (Studi pada Saham Perusahaan yang tercatat Aktif dalam LQ 45 di BEI Periode 2003-2007).” Tesis Universitas Diponegoro.

Hartono. (2021). Developing Country Stock Market Immunity during Covid-19 Pandemic. Technium Social Sciences Journal, 18(1), 222-229.

Puspitadewi, Cokorda Istri Indah dan Henny Rahyuda. 2016. “Pengaruh DER, ROA, PER, dan EVA terhadap Return Saham pada Perusahaan Food and Beverage di BEI.” E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.5, no.3, hal. 1429-1456.

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles