Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Hubungan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang Ban Mobil Merek Dunlop pada CV Trijaya Sukses di Pontianak

Authors

  • Ricky Ardianto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, strategi promosi dan hubungan pelanggan terhadap minat beli ulang ban mobil merek dunlop pada CV Trijaya Sukses di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan studi documenter. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Hasil pengujian validitas menujukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan oleh peneliti reliabel. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, strategi promosi dan hubungan pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Hasil pengujian secara parsial (uji T) menunjukkan bahwa kualitas produk, strategi promosi dan hubungan pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli.

References

Ambar Kusuma Astuti. 2017. “Pengaruh Strategi Promosi Dan Strategi Harga Terhadap Minat Beli Dengan Store Atmosphere Sebagai Pemoderasi”. Vol. 13 No. 1, Januari. ISSN 1411-9366

Arif Ghaffar Ramadhan dan Suryono Budi Santosa. 2017. “Analisis Pengaruh Kualitas. Produk, Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Pada Sepatu Nike Running Di Semarang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening”. Diponegoro Journal of Management, Vol 6, No. 1, ISSN 2337-3806.

Donni Juni Priansa. 2017. QWP Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Penerbit ALFABETA.

Faradiba dan Sri Rahayu Tri Astuti. 2013. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen”. Diponegoro Journal of Management, Vol 2, No. 3 ISSN 2337-3792.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Teguh Budiyanto, Chrisstoffel Kojo dan Hendra N. Tawas. 2016. “Strategi Promosi, Kualitas Produk Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Mereferensikan Rumah Pada Puri Camar Liwas PT. Camar Sapta Ganda” Vol. 16 No.04.

Triyani Rahmadewi, Naili Farida dan Reni Shinta Dewi. 2015. “Pengaruh CRM Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Brand Trust Pada PT. Nasmoco Pemuda”. Vol 4. No 3.

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles