Analisis Pengaruh Citra Perusahaan dan Ekuitas Merek terhadap Minat Menjadi Nasabah pada Credit Union Keling Kumang Cabang A.Yani di Pontianak

Authors

  • Fransiska Venia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Studi dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan dan ekuitas merek terhadap minat menjadi nasabah pada credit union keling kumang cabang A.Yani di Pontianak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan bentuk deskriptif yaitu menggambarkan keadaan sebenarnya. Sementara untuk populasi yang digunakan yaitu anggota CU Keling Kumang cabang A.Yani di Pontianak. Selanjutnya teknik pengumpulan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Karena katerbatasan biaya, tenaga dan waktu, maka penulis menetapkan sampel sebanyak 100 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Selanjutnya untuk menganalisis data yang bersifat kualitatif yang kemudian ditafsirkan menjadi data kuantitatif, penulis menggunkaan alat bantu yaitu SPSS versi 22. Hasil analisis yang dilakukan menggunakan uji Analisis Kelayakan Model Penelitian. Didapati hasil yaitu pada uji relibialitas bahwa data adalah handal karna cornbach alpha > 0,6. Hasil uji regresi linier berganda menunjukan bahwa citra perusahaan dan ekuitas merek memiliki hubungan yang positif terhadap minat menjadi nasabah. Dan hasil uji t juga menunjukan bahwa citra perusahaan dan ekuitas merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi nasabah.

References

Chang, Willam. Metodologi Penulisan Ilmiah: Teknik Penulisan Esai, Skripsi, Tesis, & Disertasi Untuk Mahasiswa. Jakarta: Erlangga, 2014.

Kotler, Philips, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi ketigabelas, jilid satu, Jakarta: Erlangga.

Maran. (2021). Teknik Meningkatkan Pengelolaan Credit Union terhadap Perbankan dengan Memanfaatkan Teknologi Online. Jurnal Teknologi, 11(1), 2021, 20-23.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke duapuluh delapan. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V.Wiranata, dan Poly Endrayanto. 2012. Statistika Untuk Penelitian, cetakan pertaman. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunyoto, Danang. Uji Khi Kuadrat & Regresi untuk Penelitian, edisi pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles