Pengaruh Kualitas Hubungan, Daya Tarik Promosi dan Diferensiasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Fashion di Kota Pontianak

Authors

  • Stephen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas hubungan, daya tarik promosi dan diferensiasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM fashion di Kota Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 442 usaha mikro, kecil dan menengah fashion di Kota Pontianak dan jumlah sampel sebesar 82 responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 22, yaitu melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrument yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari analisis korelasi menunjukkan masing-masing variabel berhubungan secara signifikan. Hasil pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel kualitas hubungan, daya tarik promosi dan diferensiasi produk berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel kinerja pemasaran.

References

Ela Wulandari dan Indri Murniawaty. “Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Diferensiasi Produk Dan Diferensiasi Citra Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Ikm Kopi Di Kabupaten Temanggung.” Jurnal Manajemen Pemasaran, vol.13, no.2, Oktober 2019, hal.69-77.

Esmaeilpour Majid & Saadat Alizadeh Maryam. (2014). Surveying the Effect of Relationship Quality on Customer Lifetime Value in Banking System. Pg 226240.Iran.

Farida, T. 2016. Pengaruh customer relationship management dan kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas investor PT Danareksa Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan bisnis, vol. 17, no.1, hal.101-123.

Gao, Yui, 2010, Measuring Marketing Performance: a Review and a Framework. The Marketing. Review.

Gunawan Adisaputro, (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi pertama. Yogyakarta, Kurniawan, Iskawanto., dan Muchsin S. Shihab. 2015. “Pengaruh Nilai Nasabah, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Hubungan Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri.” Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.13, No.2, pp. 199-216.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Manambing, A., Mandey, S., & Tielung, M. V. J. “Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran ( Studi Kasus Umkm Kuliner Tinutuan Di Manado).” Jurnal EMBA, vol.6, no.4, September 2018, Hal. 3803 – 3812.Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen, YKPN.

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles