Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kualitas Produk Makanan terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Pontianak

Authors

  • Cindy Liu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi pasar, Inovasi produk dan Kualitas Produk makanan terhadap Kinerja pemasaran Usaha mikro kecil dan menengah di kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kausalitas, dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 125 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar, inovasi produk dan kualitas produk makanan secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara parsial (uji t ) menunjukkan bahwa orientasi pasar, inovasi produk dan kualitas produk makanan simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Al-Habil, Wasim I., et al. "The Impact of the Quality of Banking Services on Improving the Marketing Performance of Banks in Gaza Governorates from the Point of View of Their Employees." International Journal of Engineering and Information Systems (IJEAIS) 1.7 (2017): 197-217.

Bakti, Sukma dan Harun, Harniza.“Pengaruh Orientasi Pasar dan Nilai Pelanggan terhadap Kinerja Pemasaran Maskapai Penerbangan Lion Air.” Jurnal Manajemen Pemasaran3.1 (2011)

Djodjobo. N.V, Tawas.N.V. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado.” Jurnal EMBA 2.3 (2014)

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Sarjita. “Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Sentra Industry Kecil Pembuatan Bakpia Di Kabupaten Bantul.” Jurnal Akademi Manajemen Administrasi YPK Yogyakarta4.2 (2017): 29-30

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles