Analisis Pengaruh Capital Intensity, Debt to Asset Ratio, dan Ukuran Perusahaan, terhadap Effective Tax Rate pada Perusahaan Sektor Pertambangan di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Vincent Yang Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Capital Intensity, Debt to Asset Ratio, Ukuran Perusahaan, terhadap Effective Tax rate. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian hubungan kausal dengan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan sebanyak 49 perusahaan dan sampel yang digunakan sebanyak 36 perusahaan yang diambil dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien korelasi berganda dan koefisien determinasi serta uji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan Capital Intensity berpengaruh negatif terhadap Effective tax rate sedangkan Debt to Asset Ratio, Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Effective tax rate. Ketiga faktor dalam penelitian ini memiliki kemampuan sebesar 6,5 persen dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap Effective Tax Rate dan sisanya sebesar 93,5 persen ditentukan oleh faktor lain. Saran yang diberikan dalam penelitian selanjutnya agar dapat dipertimbangkan untuk tidak menggunakan variabel Effective Tax Rate dikarenakan banyaknya hasil rasio yang minus.

References

Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.

Gupta, Sanjay., dan Kaye Newberry (1997).“Determinants of the variability on corporate effective tax rates: evidence from longitudinal data.” Journal of Accounting and Public Policy 16. pp.1–34.

Ribeiro, Ana., Antonio Cerqueira dan Elsio Brandao, 2015. “The Determinants of Effect ive Tax Rates: Firms’ Characteristics and Corporate Governance” School of Economics and Management, University of Porto.

Richardson, Grant., dan Roman Lanis (2007). “Determinants of the variability in corporate effect ive tax rates and tax reform: Evidence from Australia.” Journal of Accounting and Public Policy 26. pp. 689–704.

Siegfried, John J. 1972,“The relationship between economic structure and the effect of political influence: empirical evidence from the federal corporation income tax program.” Ph.D. dissertation, University of Wisconsin.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles