Analisis Pengaruh Brand Trust dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza pada PT. Anzon Autoplaza Toyota Pontianak

Authors

  • Bella Ariesta Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari skripsi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh brand trust dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza pada PT. Anzon Autoplaza Toyota di Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kuantitatif, karena peneliti ingin mengkonfirmasi konsep dengan teori yang telah diterangkan pada sebelumnya dengan data dan fakta yang ditemukan di lapangan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen mobil Toyota Avanza pada PT. Anzon Autoplaza Toyota di Pontianak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling Acak Sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dari pendahuluan sampai dengan pembahasan mengenai Pengaruh Brand Trust dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Anzon Autoplaza, maka penulis mencoba untuk menarik beberapa kesimpulan. Adapun kesimpulan dan saran tersebut adalah sebagai berikut: Variabel Brand Trust (X1) memiliki nilai t hitung 2.142 dan signifikan 0,035 nilai signifikansi dibawah 0,05, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Brand Trust (X1) terhadap Keputusan Pembelian, Variabel Daya Tarik Promosi (X2) memiliki nilai t hitung 0.974 dan signifikan 0,003 nilai signifikansi dibawah 0,05, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Daya Tarik Promosi (X2) terhadap Keputusan Pembelian, Berdasarkan uji ANOVA atau F test, diperoleh F hitung sebanyak 3,429 dengan tingkat signifikan 0,012. Oleh karena probabilitas jauh lebih kecil dari pada 0,05 (0,012 < 0,05), maka dapat dinyatakan bahwa variabel Keputusan Pembelian (Y) dapat dijelaskan oleh variabel Brand Trust dan Daya Tarik Promosi, sehingga dapat dikatakan adanya pengaruh secara bersama-sama dari variabel independen terhadap variabel dependen.

References

Andini, Widya Herliana, 2016, “Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014”, Skripsi, Universitas Bakrie, Jakarta.

Hamzah, Amir. 2007. “Analisis Experental Marketing, Emotional Branding dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Merk Mentari”. Manajemen Usahawan Indonesia (MUI): No. 06/Th.36/ Juni 2007, Hal.22-28.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service InnovationCapability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Rizan, M. (2012). “Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro”. (Jurnal). Jakarta Timur: Universitas Negeri Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles