Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Gerry Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Manajemen perusahaan berusaha untuk meningkatkan hal-hal yang menjadi indikator penilaian bagi investor untuk berinvestasi salah satunya adalah nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Bentuk penelitian asosiatif dengan model regresi OLS. Objek penelitian pada 37 perusahaan Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia. Pengumpulan data dengan studi dokumenter yang berupa data sekunder. Hasil pengujian yang menunjukkan bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage berpengaruh positif. Kemampuan permodelan dalam menjelaskan perubahan nilai perusahaan yaitu 86,2 persen.

References

Dewi, Inggi Rovita, Siti Ragil Handayani dan Nilai Firdausi Nuzula. 2014. “Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2012).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 17, No. 1, Hal. 1-9.

Hartono. (2021). COVID-19 Vaccine: Global Stock Market “Game Changer”. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(2), 8-17.

Itsnaini, Hafidah Mufliha, Anang Subardjo. 2017. “Pengaruh Profitabilitas dan Solvabilitas terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi Corporate Social Responsibility.” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 6, No. 6, Hal. 1-16.

Rahmantio, Imam, Muhammad Saifi dan Ferina Nurlaily. 2018. “Pengaruh Debt to Equity Ratio, Return on Equity, Return on Asset dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 57, No.1, Hal. 151-159.

Seftianne, dan Ratih Handayani. 2011. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur.” Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 13, No. 1, Hal. 39-56.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles