Pengaruh Intellectual Capital, Leverage dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Linda Melina Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital, leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap kinerja perusahaan. Penelitian berbentuk penelitian asosiatif dan dilakukan pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi di Bursa Efek Indonesia dengan populasi sebanyak sepuluh perusahaan. Sampel sebanyak sembilan perusahaan ditentukan dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik dokumenter dengan data sekunder. Teknik analisis data meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi dan koefisien determinasi serta pengujian hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan berpengaruh positif, sedangkan intellectual capital dan leverage tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.  

References

Arif, Syaiful, Raden Rustam Hidayat, dan Zahroh Z.A. 2015. “Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Leverage dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2011-2013)”. Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 27, no. 1.

Kontesa, M., Chai, L.S., Brahmana, R.K. dan Contesa, S. (2020). Do Female Directors Manipulate Earnings. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 15(2), 141-151.

Lestari, Henny Setyo. 2017. “Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Perusahaan Asuransi di Indonesia.” Jurnal Manajemen, vol. XXI, no. 03, pp. 491-509.

Susilowati, Heni, Triyono dan Syamsudin. 2011. “Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Leverage terhadap Manajemen Laba dan Kinerja Perusahaan”. Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, vol. 12, no. 1, pp. 127-141.

Tirtasari, Putri, dan Muchamad Syafruddin. 2013. “Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Perusahaan yang Terdaftar di BEI tahun 2008-2011”. Diponegoro Journal of Accounting, vol. 2, no. 4, pp. 1-15.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles