Analisis Pengaruh Organizational Citizen Behaviour (OCB) terhadap Kinerja Personel Rumah Sakit Kartika Husada

Authors

  • Alvin Gunawan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

OCB meningkatkan produktifitas kinerja rekan kerja. Pegawai yang menolong rekan kerja lain akan mempercepat penyelesaian tugas rekan kerjanya dan pada gilirannya meningkatkan produktifitas kinerja rekan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh OCB terhadap Kinerja Karyawan Rumah Sakit Kartika Husada. Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden pada Rumah Sakit Kartika Husada. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik Stratified Proposional Sampling. Pembahasan dengan mengunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi. Model Pengujian yang digunakan menggunakan program software IBM spss 22. Hasil dari penelitian ini adalah OCB berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Aldag, R., and Reschke, W. “Employee Value Added: Measuring Discretionary Effort and Its Value”. Center for Organization Effectiveness, 1997, 1-8.

Dyne, L., and Soon, A. “Organizational Citizenship Behavior of Contingent Workers in Singapore”. The Academy of Management Journal, Vol. 41, No. 6. Dec., 1998, 692703.

Gibson, I. Organisasi. Jakarta: Binarupa Aksara, 2008.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61

Mathis, R., and Jackson, H. Manajemen Sumber Daya Manusia. d. Jimmy Sadeli, Penerj. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Werther, W., and Davis, K. Human Resources and Personal Management. New York: McGraw Hill. Inc, 1996.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles