Analisis Pengaruh Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Return on Equity terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Sophia Karela Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, leverage, dan return on equity terhadap nilai perusahaan. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah lima tahun yaitu dari tahun 2014 sampai dengan 2018 pada Perusahaan Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi di BEI dan diperoleh populasi sebanyak 75 perusahaan. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 42 perusahaan. Teknik analisis data meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, korelasi, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil analisis data menunjukkan kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan leverage dan return on equity berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

References

Chen, Carl R. dan Thomas L. Steiner. 1999. “Managerial Ownership and Agency Conflicts: A Nonlinear Simultanneous Equation Analysis of Managerial Ownership, Risk Taking, Debt Policy and Dividen Policy.” The Financial Review, Vol. 34, No. 1, hal.119-136.

Chung, Kee H. dan Hao Zhang. 2009. “Corporate Governance and Institutional Ownership.” Journal of Financial and Quantitative Analysis, Vol. 46, No. 1, hal.1-53.

Harahap, Ramadhan. 2019. “Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity dan Stuktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017.” Jurnal Manajemen Tools, Vol. 11, No. 1, hal.175-187.

Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.

Situmorang, Christina Verawaty. 2018. “Analisis Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Imliah Simantek, Vol. 2, No. 2, hal.82-91.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles