Pengaruh Profitability, Business Risk, Non-Debt Tax Shields, dan Liquidity terhadap Capital Structure pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Desiliana Permata Sari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Struktur modal perusahaan menunjukkan besaran utang yang digunakan untuk menjalankan operasi perusahaan. Dalam penentuan besaran struktur modal tersebut, perlu dipertimbangkan sejumlah faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitability, business risk, non-debt tax shields, dan liquidity terhadap capital structure. Bentuk penelitian asosiatif dengan permodelan regresi OLS. Objek penelitian pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan sampel 35 perusahaan. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumenter berupa data sekunder. Data diekstrak dari laporan keuangan tiap perusahaan sampel. Hasil analisis menunjukkan liquidity berpengaruh negatif terhadap capital structure, sedangkan profitability, business risk, dan non-debt tax shields tidak berpengaruh. Perusahaan yang semakin likuid menunjukkan dana internal yang memadai dan akan mengurangi pendanaan dari utang. Kemampuan keempat faktor dalam memberikan penjelasan terhadap perubahan struktur modal sebesar 46,5 persen.

References

Alipour, Mohammad, Mir Farhad Seddigh Mohammadi, dan Hojjatollah Derakhshan. 2015. “Determinants of Capital Structure: An Empirical Study of Firms in Iran.” International Journal of Law and Management, Vol. 57, no. 1, pp. 53-83.

Al-Najjar, Basil dan Peter Taylor. 2008. “The Relationship Between Capital Structure and Ownership Structure: New Evidence from Jordanian Panel Data.” Managerial Finance, vol. 34, no. 12, pp. 919-933.

Alnajjar, Mohd I. M. 2015. “Business Risk Impact on Capital Structure: A Case of Jordan Industrial Sector.” Global Journal of Management and Business Research: C Finance, vol. 15, no. 1, pp. 1-7.

Jaya, S. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan (Firm Size) dan Profitabilitas (ROA) terhadap Nilai Perusahaan (Firm Value) pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Manajemen Motivasi, 16(1), 38-44.

Sheikh, Nadeem Ahmed dan Zongjun Wang. 2011. “Determinants of Capital Structure: An Empirical Study of Firms in Manufacturing Industry of Pakistan.” Managerial Finance, vol. 37, no. 2, pp. 117-133.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles