Pengaruh Leverage, Net Working Capital, Growth Opportunity terhadap Cash Holding pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Meilyan Stephany Wong Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penentuan tingkat cash holding merupakan keputusan penting yang harus diambil oleh manajer keuangan perusahaan. Penentuan ini dilakukan dengan mempertimbangkan sejumlah faktor. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh leverage, net working capital, growth opportunity terhadap cash holding. Bentuk penelitian asosiatif dengan permodelan regresi OLS. Sampel penelitian sebanyak empat belas Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia periode 2014 s.d 2018. Teknik pengumpulan data dengan studi documenter yang berupa data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Hasil pengujian menunjukkan bahwa net working capital berpengaruh positif terhadap cash holding, leverage berpengaruh negatif, sedangkan growth opportunity tidak berpengaruh. Kemampuan permodelan menjelaskan perubahan cash holding sebesar 5,2 persen. Perusahaan dengan modal kerja yang semakin besar akan memiliki cash holding yang semakin besar pula. Sebaliknya, ketergantungan perusahaan menggunakan utang akan menyebabkan perusahaan semakin berupaya meminimalkan cash holding yang ada untuk meminimalkan cost of capital perusahaan.

References

Ferreira, Miguel A. dan Antonio S. Vilela. 2014. “Why Do Firms Hold Cash? Evidence from EMU Countries.” European Financial Management, vol. 1, no. 2, hal. 295319.

Hamendru, Anugerah. dan Jonner Pangaribuan. 2018. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Cash Holding Perusahaan Sektor Manufaktur.” Jurnal Akuntansi, vol. 4, no. 1, hal. 1-22.

Jinkar, Rebecca Theresia. 2013. “Analisa Faktor-faktor Penentu Kebijakan Cash Holding Perusahaan Manufaktur di Indonesia.” Mini Economica, vol 42, hal 129146.

Kim, Sungsin, Ji-Yong Seo, dan Pando Sohn. 2011. “Capital Structure Behavior on Cash Holding to Korean Financial Crisis: The Evidence from Emerging Market.” African Journal of Business Management, vol. 5, no. 34, pp. 13095-13115.

Satrio, A.B. (2020). Asymmetric Information and Firm Value During Pandemic COVID-19. Economics Business and Organization Research, 3(1), 27-43.

Turuel, Gracia, Solano Martinez, dan Ballesta Sanchez. 2009. “Accruals Quality and Corporate Cash Holding.” Accounting and Finance, vol. 49, hal. 95-115.

Wijaya, Anggita Langgeng, Bandi, dan Sri Hartoko. 2010. “Pengaruh Kualitas Akrual dan Leverage Terhadap Cash Holding Perusahaan.” Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, vol. 7, no. 2, hal. 170-186.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles