Pengaruh Motivasi Kerja, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada Credit Union Khatulistiwa Bakti di Kantor Pusat Pontianak

Authors

  • Tiurma Ria Saragih Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, budaya organisasi dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan pada Credit Union Khatulistiwa Bakti di Kantor Pusat Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah bentuk penelitian asosiatif dan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan pembagian kuesioner kepada karyawan yang ada di kantor pusat sebanyak 34 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau stratified. Pembahasan dengan uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian bahwa motivasi kerja dan budaya organisasi tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan komitmen organsasional memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan Credit Union Khatulistiwa Bakti di Kantor Pusat Pontianak.

References

Lubis, Yusniar, Bambang Hermanto, dan Emron Edison. 2018. Manajemen dan riset sumber daya manusia, bandung: alfabeta.

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Organisasi Bisnis, Bandung: Alfabeta.

Rahman, Fauzie et al. 2017. Perilaku Organisasi, edisi pertama. Yogyakarta: expert.

Verianto, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Efikasi Diri, dan Komitmen Organisasional terhadap Berbagi Pengetahuan Karyawan di Kantor Cabang Utama PT Bank Panin, Tbk. Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 128-146.

Wibowo. 2011. Budaya Organisasi Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang, Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles