Analisis Pengaruh Tingkat Perputaran Modal Kerja, Struktur Modal, Umur Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Raditya Ferliangky Lieyanto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja, struktur modal, umur perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 170 perusahaan dan terdapat sebanyak 126 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan studi dokumenter dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Tahapan analisis data mencakup analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji statistik F dan uji statistik t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perputaran modal kerja dan struktur modal tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas, sedangkan umur perusahaan dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif terhadap profitabilitas.

References

Brahmana, R., You, H.W. dan Kontesa, M. (2020). Does CEO Power Matter for the Performance of Retrenchment Strategy? Journal of Strategy and Management, 14(1), 1-18.

Isa Agid W., Roni Malavia M., dan Budi Wahono. 2018. “Pengaruh Manajemen Modal Kerja, Umur Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017.” Jurnal Manajemen, vol.7, no.5.

Kouser, Rehana, T. Bano, M. Azeem and M.U. Hassan. 2012. “Inter-Realitionship between Profitability, Growth, and Size: A Case Of Non-Financial Companies from Pakistan”. Journal Commer.Soc.Sci, vol.6, no. 2, pp: 405-419.

Kusumajaya, D.K. Oka. 2011. “Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia”. Tesis Program Magister Studi Manajemen Program Pascasarjana, Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Denpasar.

Rifai. M., R. Arifati dan M. Magdalena. 2013. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas Studi pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2010-2012.” Jurnal Akuntansi Universitas Pandanaran Semarang, vol.2, no.1.

Sunarto, dan A.P. Budi. 2009. “Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas.” Jurnal Telaah Manajemen, vol.6, no.1, hal.86-103.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles