Pengaruh Profitabilitas dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan dengan Leverage sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Subsektor Transportasi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Agus Sufianto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Nilai perusahaan dapat meningkat dengan adanya dukungan kemampuan manajemen dalam mengelola keuangannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan dengan leverage sebagai variabel intervening. Bentuk penelitian asosiatif dengan path analysis. Objek pada 28 Perusahaan Subsektor Transportasi di Bursa Efek Indonesia periode 2014 s.d. 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif terhadap leverage dan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan sedangkan keputusan investasi tidak berpengaruh baik terhadap leverage maupun nilai perusahaan. Analisis juga menunjukkan bahwa leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan dapat memediasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan tetapi tidak menjadi mediasi pengaruh keputusan investasi terhadap nilai perusahaan.

References

Asma, Rusdayanti dan Redawati. 2018. “Pengaruh Mekanisme GCG, Kebijakan Investasi dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan yang dimediasi oleh Kebijakan Pendanaan.” Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, Vol. 2, no. 1, hal. 71-85.

Dahlan, Fitriani dan Memen Suwandi. 2016. “Pengaruh Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan Jasa Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, Vol. 2, no. 1, hal. 64-88.

Hasnawati, Sri. 2005. “Dampak Set Peluang Investasi terhadap Nilai Perusahaan Publik di Bursa Efek Jakarta.” Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, Vol. 9, no. 2, hal. 117-126.

Kontesa, M., Lako, A. dan Wendy. (2020). Board Capital and Earnings Quality with Different Controlling Shareholders. Accounting Research Journal, 33(4/5), 593-613.

Watiningsih, Ferdina. 2018. “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Tangibility, dan Pertumbuhan terhadap Struktur Modal pada Perbankan yang Terdaftar di BEI.” Jurnal Sekuritas, Vol. 1, no. 4, hal. 92-105.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles