Pengaruh Lingkungan Kerja dan Persepsi Dukungan Organisasi terhadap Loyalitas Kerja Karyawan pada Hotel Orchardz Gajahmada di Pontianak

Authors

  • Alvio Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai syarat untuk mendapatkan gelar strata satu serta untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan persepsi dukungan organisasi terhadap loyalitas kerja karyawan pada Hotel Orchardz Gajahmada di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian asosiatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi dokumenter. Penulis menetapkan sampel sebanyak 99 responden berdasarkan teori slovin dan pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F dan uji T dengan bantuan software SPSS Versi 22. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lingkungan kerja dan persepsi dukungan organisasi memiliki hubungan yang positif, signifikan, dan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas kerja karyawan pada Hotel Orchardz Gajahmada di Pontianak. Hal ini dibuktikan melalui uji data atas tanggapan responden yang di dapatkan melalui sebaran kuisioner kepada karyawan pada Hotel Orchardz Gajahmada Pontianak.

References

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Hermawan, I Ketut Andy dan I Gede Riana. “Analisis Faktor-Faktor yang Menentukan Loyalitas Karyawan pada PT. Inti Buana Permai Denpasar Bali.” Jurnal Skripsi, 2013.

Ismainar, Hetty. Manajemen Unit Kerja. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2015.

Nitisemito, Alex Soemadji. Manajemen Personalia Edisi 2. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.

Poerwopoespito. Komitmen dalam sumber daya manusia. Jakarta: Management Student, 2004.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles