Analisis Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Sutopo Halim Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, struktur modal, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas, struktur modal, dan ukuran perusahaan. Variabel independennya adalah nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 44 perusahaan. Teknik analisa data yang digunakan adalah menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil analisis data menggunakan uji parsial (t) penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

References

Alamsyah Sustari (2017). “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan, Relevansi Nilai Informasi Akuntansi, Keputusan Investasi, Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Perusahaan Indeks Kompas 100 Periode 2010-2013)”. Vol. 1 No. 1, 2017.

Alamsyah, Muchlas (2018). “Pengaruh Struktur Kepemilikan, Struktur Modal, Dan IOS Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervending Pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar Di BEI”. Jurnal JIBEKA, Vol. 12 No.1, 2018.

Ayuningrum Niken (2016). “Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan BUMS yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Akuntansi Politeknik Sekayu (ACSY), Vol 5, No. 2, Juli 2016.

Kontesa, M. and Lako, A. (2020). Board Capital Effect on Firm Performance: Evidence from Indonesia. International Journal of Business and Society, 21(1), 491-506.

Rudangga, Sudiarta (2016). “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan”. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 5, No.7, 2016.

Safrida,Eli. 2010. “Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur di Indonesia)”.

Tambunan Bonifasius (2015). “Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Ilmiah DUNIA ILMU, Vol. 1 No.1, Januari 2015.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles