Pengaruh Quick Ratio, Debt to Total Assets Ratio dan Working Capital Turnover terhadap Net Profit Margin pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Angela Yolla Anggraeni Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh quick ratio, debt to total assets ratio dan working capital turnover terhadap net profit margin. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini, teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan IPO (Initial Public Offering) sebelum tahun 2014 dan tidak pernah terkena suspend selama masa penelitian pada tahun 2014 sampai dengan 2018, sehingga diperoleh sampel sebanyak 31 perusahaan. Analisis dengan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji kelayakan model dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan quick ratio dan working capital turnover berpengaruh positif terhadap net profit margin, sedangkan debt to total assets ratio berpengaruh negatif terhadap net profit margin.

References

Artati, Susi. 2019. “Pengaruh DER, Perputaran Modal Kerja dan Ukuran Perusahaan terhadap NPM pada Industri Farmasi yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016.” Jurnal Manajemen dan Sains, ISSN: 2541-6243.

Brahmana, R.K., Loh, H.S. dan Kontesa, M. (2020). Market Competition, Managerial Incentives and Agency Cost. Global Business Review, 21(4), 937-955.

Fadli, Achmad Agus Yasin. 2018. “Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Total Asset Ratio (DAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk dan PT. Mayora Indah Tbk Periode 2009-2016.” Jurnal Sekuritas, ISSN: 2581-2777, vol. 2.

Khan, Rizwan Ali dan Mutahhar Ali. 2016. “Impact of Liquidity on Profitability of Commercial Banks in Pakistan: An Analysis on Banking Sector in Pakistan.” Global Journal of Management and Business Research: C Finance, Vol. 16, no.1.

Kurniansyah, Heri. 2018. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Net Profit Margin Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, ISSN: 2086-9592, vol. 10.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles