Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediasi pada Perusahaan Subsektor Otomotif di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Viktor Trianto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Nilai perusahaan merupakan ukuran utama terkait kinerja perusahaan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai pemediasi. Bentuk penelitian asosiatif dengan path analysis. Objek pada dua belas Perusahaan Subsektor Otomotif di BEI dengan penentuan berdasarkan purposive sampling. Data sekunder diperoleh dari laporan keuangan tiap perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh negatif terhadap profitabilitas namun tidak pada nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas tidak memediasi pengaruh antara struktur modal terhadap nilai perusahaan. Penggunaan pendanaan eksternal berupa utang akan menjadi penyebab berkurangnya laba, sebab perusahaan dihadapkan dengan beban keuangan yang semakin besar. Kemampuan perusahaan menghasilkan laba menunjukkan kinerja keuangan yang baik dan akan mendorong peningkatan nilai perusahaan.

References

Chandra, Andi, Kamaliah kamaliah, dan Restu Agusti. 2016. “Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2013).” Jurnal Ekonomi, Vol.24, No.3, Hal. 1-16.

Dewi, Mahatma dan Wirajaya. 2013. “Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan.” E-jurnal Akuntansi, Vol.1, Hal. 358372.

Dewi, Ni Kadek Venimas Citra, Wayan Cipta dan I Ketut Kirya. 2015. “Pengaruh LDR, LAR, DER dan CR terhadap ROA.” Jurnal Jurusan Manajemen, Vol.3, No.1, Hal. 18-37.

Hamidy, Rahman Rusdi, I Gusti Bagus Wiksuana dan Luh Gede Sri Artini. 2015. “Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia.” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol.4, No.10, Hal. 665-682.

Mahardhika, P.A dan Marbun D.P. 2016. “Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return on Assets.” Widyakala Journal, Vol. 3, Hal. 23-28.

Willim, A.P. (2019). Analisis Komparatif Tingkat Pengembalian Value Stocks dan Growth Stocks di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Pasar Modal dan Bisnis, 1(1), 13-22.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles