Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Total Asset Turnover terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Subsektor Perdagangan Besar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Evan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Nilai perusahaan menjadi salah satu penilaian bagi investor sebelum melakukan investasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor internal perusahaan yaitu likuiditas (current ratio), struktur modal (debt to equity ratio (DER)), dan total asset turnover dalam kaitannya dengan nilai perusahaan. Objek penelitian pada 28 Perusahaan Subsektor Perdagangan Besar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 sampai dengan 2018. Bentuk penelitian asosiatif, dengan permodelan OLS regression dan teknik pengumpulan data dengan studi dokumenter berupa data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal dan total asset turnover berpengaruh positif. Perusahaan dengan pendanaan dari utang semakin tinggi menjadi penyebab peningkatan nilai perusahaan mengonfirmasi MM theory after tax. Kemampuan ketiga variabel tersebut dalam menjelaskan perubahan pada nilai perusahaan adalah sebesar 11,3 persen.

References

Alamsyah, Agus Rahman dan Zainal Muchlas. 2018. “Pengaruh Struktur Kepemilikan, Struktur Modal, dan IOS terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar di BEI.” Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, Vol.12, no.1, hal. 9-16.

Annisa, Rizka dan Mochammad Chabachib. 2017. “Analisis Pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return on Assets (ROA), terhadap Price to Book Value (PBV), dengan Dividend Payout Ratio sebagai Variabel Intervening.” Jurnal of Management, Vol. 6, no. 1, hal. 1-15.

Nur’adiawati, Siti. 2018. “Pengaruh Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TATO), Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Asset (ROA) terhadap Harga Saham dan Dampaknya pada Nilai Perusahaan.” Jurnal Sekuritas, Vol. 1, no.3, hal. 70-83.

Nurhayati, Mafizatun. 2013. “Profitabilitas, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Pengaruhnya terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan Sektor Non Jasa.” Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol. 5 no.2, hal. 144-153.

Prommin, Panu et al. 2016. “Liquidity, Ownership Concentration, Corporate Governance, and Firm Value: Evidence from Thailand.” Global Finance Journal, Vol.31, pp. 7887.

Rinnaya, Rita A. dan Abrar Oemar. 2016. “Pengaruh Profitabilitas, Rasio Aktivitas, Keputusan Pendanaan dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal of Accounting, Vol. 2, no.2, hal. 8-19.

Safrida, Eli. 2010. “Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Akuntansi Riset. Vol.3, no.2, hal. 552-568.

Santoso, H. (2019). The Impact of Investment Decision and Funding on Financial Performance and Firm Value. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 103-112.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles