Analisis Pengaruh Bauran Produk dan Kinerja Pelayanan terhadap Minat Menyimpan pada CU Sumber Kasih di Kecematan Toba Kabupaten Sanggau

Authors

  • Kristian Neng Cuan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kata Credit Union berasal dari bahasa Latin, Credere yang berarti percaya dan Union yang berarti bersatu (mengikat diri dalam suatu kesatuan). Jadi Credit Union berarti kesatuan orang-orang yang saling percaya. Pondasinya adalah kepercayaan dan wujudnya adalah gerakan. Tujuannya adalah untuk saling memberdayakan, memperkuat solidaritas, dan memperkokoh kesejahteraan masyarakat miskin. Credit Union menganut prinsip dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran produk dan kinerja pelayanan terhadap minat menyimpan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kausalitas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel dari populasi 100 orang responden. Dara diolah menggunakan program statistical package for the social sciences (SPSS). Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis kualitatif yaitu dengan Skala Likert, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, uji koefisien determinan (R2), uji regresi berganda, serta uji f dan uji t. Hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa bauran produk dan kinerja layanan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung. Penulis menyarankan agar CU Sumber Kasih Di Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau lebih meningkatkan bauran produk dan kinerja layanan guna meningkatkan minat menabung.

References

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Nugroho, Cornelius Tri Satyo, dan Suyudi Mangunwihardjo. 2013. “Pengaruh Kinerja Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada Bank BRI (Persero) Tbk Kantor CabangKendal).” Diponegoro Journal of Social and Politic.

Perreault dan McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global Buku 2 Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rokim, Abdul. 2013. “Pengaruh Harga, Bauran Produk,dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Pasaraya Sri Ratu Semarang.” Diponegoro Journal of Social and Politic.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles