Analisis Pengaruh Kualitas Pelatihan dan Kedisiplinan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada CU Pancur Dangeri di Kabupaten Ketapang

Authors

  • Teresia Tri Torina Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelatihan dan kedisiplinan kerja terhadap kinerja karyawan pada CU Pancur Dangeri di Kabupaten Ketapang. Pelatihan yang efektif akan membuat karyawan menguasai dengan baik pekerjaannya dan mampu mengikuti perkembangan bisnis serta bertahan pada persaingan yang ketat. Kedisiplinan menunjukkan suatu kondisi atau sikap hormat yang ada pada diri karyawan terhadap peraturan dan ketepatan perusahaan. Kinerja merupakan hal yang penting bagi perusahaan atau organisasi. Bentuk Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 66 responden, dari jumlah populasi 66 responden. Pembahasan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji F, analisis koefisien determinasi (R2), analisis regresi linear berganda, dan uji t. Sofware SPSS versi 21 untuk pengujian model penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelatihan dan kedisiplinan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Astutik, Mardi. 2016. “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jombang.” Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan, Vol. 2, No. 2, Hal 141-159.

Gunawan, C.I., Solikhah, S.Q. dan Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era COVID-19. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 9(2), 200-207.

Hidayat, Zainul, dan Muchamad Taufik. 2012. “Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Serta Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lumanjang”. Jurnal Wiga, Vol. 2, No.1, Hal. 79-97. Maret.

Kumara, Edy, Sutya, Wayan I., dan I Wayan Mudiartha Utama. 2016. “Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Mediasi Kepemimpinan Pada Hotel Satriya Cottages Kuta-Bali”. E-Jurnal Unud, Vol. 5, No. 3, Hal 1399-1428.

Sahangggamu, M, Patricia, dan Silvya L. Mandey. 2014. “Pengaruh Pelatihan Kerja, Motivasi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Dana Raya”. Jurnal EMBA, Vol 2 No.4, Hal 541-523, Desember.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles