Pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Astriana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Nilai perusahaan mencerminkan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang dikaitkan dengan harga saham. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh profitabilitas dan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Bentuk penelitian asosiatif dengan pemodelan regresi OLS. Objek penelitian pada 131 Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2014 sampai dengan 2018. Data sekunder diperoleh dari laporan keuangan tiap perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa profitabilitas dan corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Perusahaan yang memiliki kemampuan menghasilkan laba dan memperhatikan lingkungannya akan menimbulkan persepsi positif dari investor sehingga nilai perusahaan meningkat. Profitabilitas dan corporate social responsibility (CSR) mampu menjelaskan perubahan nilai perusahaan sebesar 31 persen.

References

Adnantara, K. Fridagustina. 2013. “Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham dan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan.” Jurnal Buletin Studi Ekonomi, Vol. 18, No. 3, hal. 107-113.

Akhmadi dan Euis N. Sofia. 2018. “Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Hutang sebagai Variabel Intervening.” Tritayasa Ekonomika, Vol. 13, No. 1, hal. 183-212.

Dahar, Reni, Nino S. Purnama Yanti, dan Fitria Rahmi. 2019. “Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Return on Equity terhadap Nilai Perusahaan Property and Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, Vol. 21, No. 1, hal. 121-132.

Satrio, A.B. dan Kontesa, M. (2021). Firm Supervisory Board during Pandemic: Are They Still Trusted? Linguistics and Culture Review, 5(S3), 873-881

Suryani dan Desi Mariani. 2018. “Pengaruh Enterprise Risk Management Disclosure, Intellectual Capital Disclosure dan Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi.” Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 7, No. 2, hal. 119-138.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles