Pengaruh Struktur Aset, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Lusi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Struktur modal memiliki peranan penting bagi perusahaan sebab menyangkut biaya dan manfaat dari penggunaanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur aset, pertumbuhan penjualan, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal perusahaan. Objek pada Perusahaan Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2018. Penentuan sampel dengan purposive sampling dan diperoleh 38 perusahaan. Analisis data menggunakan permodelan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur aset, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap struktur modal, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif. Semakin besar perusahaan maka semakin besar pula kebutuhan dan peluang memperoleh pendanaan eksternal berupa utang. Keseluruhan faktor dapat menjelaskan 21,80 persen perubahan struktur modal.

References

Ariyani, Hilma Faza., Irene Rini Demi Pangestuti, dan Susilo Toto Raharjo. 2018. “The Effect of Asset Structure, Profitability, Company Size, and Company Growth on Capital Structure.” Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 27, no. 2, pp. 123-136.

Brahmana, R.K., Setiawan, D. dan Kontesa, M. (2021). The Blame Game: COVID-19 Crisis and Financial Performance. SN Business & Economics, 2(11), 173.

Dananti, Kristyana dan Nany Magdalena. 2007. “Pengujian Stabilitas Struktural Pengaruh Growh Potential, Earning Variability, Tax Shields, Firm Size dan Profitability terhadap Leverage Ratio Perusahaan Tekstil dan Garmen di Bursa Efek Jakarta Sebelum dan Selama Krisis Ekonomi.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Vol. 2, no. 1, pp. 1-8.

Dara, Siti Ruhana dan Mariah. 2018. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Vol. 3, no. 3, pp. 423-430.

Fatmawati. 2011. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Industri Barang Konsumsi yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 20052009.” Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 20, no. 1, pp. 64-85.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles