Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Kuliner di Kota Pontianak

Authors

  • Liang Chuan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kuliner di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausalitas, Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, kuisioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel orientasi kewirausahaan dan inovasi produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran. Adapun saran-saran yang dapat disampaikan kepada pelaku bisnis kuliner di kota Pontianak adalah meningkatkan kualitas pelayanan, menciptakan inovasi produk menu baru serta peningkatan terhadap kualitas menu untuk tujuan membuat pelanggan ingin kembali untuk berkunjung kembali.

References

Erlangga, Djumina. 2018. “Pajak Umkm 0,5 Persen Bisa Dongkrak Kegiatan Bisnis”. Kompas, 22 juni 2018.

Galetic, Fran dan Bojan Moric Milovanovic, 2004. Linking Entrepreneurial Orientation With The Performance Of Croatian Hotel Industry, Faculty of Economics and Business, Working Paper, 2004.

Hadjimanolis, Athanasios, 2000. "An Investigation of Innovation Antecedents in Small Firms in the Context of a Small Developing Country, R & D Management, vol. 30.

Hui Li, Yong, Jing-Wen Huang dan Ming-Tien Tsai, 2009, Entrepreneurial Orientation And firm Performance: The Role Of Knowledge Creation Process, Industrial Marketing Management, 38 pp. 440–449.

Hurley, Robert Hult, G. Tomas M. Hult, 1998. "Innovation, Market Orientation and Organizational Learning: An Integration and Empirical Examination", Journal of Marketing, p.42-54.

Jaworski, B. J. & Kohli, A. K. 1993. Market Orien-tation: Antecedent and Consequences. Journal of Marketing, 57(3): 53-70.

Knight, G. 2000. Entrepreneurship and Marketing Strategy: the SME Under Globalization. Journal of International Marketing, ISSN 1069-031X, Vol.8, No.2 (2000)

Larsen, P. & A. Lewis. 2007. “How Award Winning SMEs Manage The Barriers to Innovation”, Journal Creativity and Innovation Manage-ment, page: 141-151.

Lumpkin, G.T. dan Gregory G. Dess, 2001. Linking Two Dimensions Of Entrepreneurial Orientation To Firm Performance: The Moderating Role Of Environment And Industry Life Cycle, Journal Of Business Venturing 16 : 429 – 451.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Prajogo, Daniel I., 2006. The Relationship Between Innovation And BusinessPerformance – A Comparative Study Between Manufacturing And Service Firms, Knowledge and Process Management, Vol. 13 Iss. 13, pp. 218 –225.

Slater, S. F. & Narver, J. C. 2000. Intelligence Gene-ration and Superior Customer Value. Journal of the Academy of Marketing Science, 28(1): 120–127.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles