Analisis Pengaruh Leverage, Intellectual Capital, Cash Holding dan Total Asset Turnover terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Paula Elvinia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh leverage, cash holding, intellectual capital dan total asset turnover terhadap nilai perusahaan. Bentuk penelitian yang dilakukan yaitu studi asosiatif dengan populasi sebesar 76 perusahaan pada sektor industri dasar dan kimia di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yakni memilih jumlah sampel dengan menetapkan kriteria tertentu. Kriteria pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu perusahaan yang telah melakukan IPO atau Initial Public Offering sebelum atau pada tahun 2014 sehingga diperoleh sampel sebanyak 59 perusahaan. Pengolahan data yang dilakukan menggunakan Statistik Product and Services Solution (SPSS) versi 22 yang kemudian diinterprestasikan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda dan koefisien determinasi, serta uji F dan uji t. Hasil R2 dari penelitian ini sebesar 0,111 merupakan nilai yang sangat kecil. Dalam penelitian ini leverage dan cash holding tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan intellectual capital dan total asset memiliki pengaruh yang positif terhadap nilai perusahaan.

References

Arifin, Jauhar, Suhadak, Endang Siti Astuti dan Zainul Arifin. 2014. ” The Influence of Corporate Governance, Intellectual Capital on Financial Performance and Firm Value of Bank Sub-Sector Campanies Listed at Indonesia Stock Exchange in Period 2008-2012.” European Journal of Business and Management Vol. 6, No.26.

Gill, Amarjit dan Charul Shah. 2012 “Determinants of Corporate Cash Holdings: Evidence from Canada.” International Journal of Economics and Finance, Vol. 4, No. 1.

Jacob, Jufri dan Fadli Ali Taslim. 2017. “The Impacts of The Ratio of Liquidity, Activity And Profitability Towards Company Value With Dividend Policy As Intervening Variables.” IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), Vol 19, pp: 01-07.

Setiadharma and Machali. 2017 “The Effect of Asset Structure and Firm Size on Firm Value with Capital Structure as Intervening Variable.” Journal of Business & Financial Affairs. Vol 6.

Sujoko dan Ugy Soebiantoro. 2007. “Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern Dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol. 9, No. 1, pp. 41-48.

Willim, A.P. dan Santoso, H. (2020). Corporate’s Action and Market’s Reaction in Indonesia Stock Exchange. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 13699-13707.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles