Analisis Pengaruh Brand Equity, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Menginap Kembali pada Hotel Kini di Pontianak

Authors

  • Fanesha Yeyen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand equity, harga, dan promosi terhadap keputusan menginap kembali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausalitas yaitu penelitian yang meneliti hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Objek penelitiannya adalah Hotel Kini di Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter dengan populasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa brand equity, harga, dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap kembali. Adapun saran-saran yang dapat disampaikan adalah perusahaan disarankan untuk terus meningkatkan dan menjaga brand equity suatu produk. Untuk mempertahankan brand equity suatu produk Hotel Kini di Pontianak dapat melakukan cara terus menerus untuk meningkatkan keunggulan dari produk tersebut secara menarik, sehingga konsumen maupun calon konsumen merasa tertarik dan melakukan pembelian.dan pihak hotel juga perlu senantiasa meningkatkan hubungan pemasaran dengan konsumen secara berkala khususnya staf hotel harus selalu memperhatikan dan menyapa semua tamu ketika masuk dalam hotel, sehingga akan timbul kesan positif yang akan membuat konsumen untuk pengambilan keputusan untuk membeli jasa penginapan hotel.  

References

Agusli dan Kunto. 2013. “Analisis Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 2.

Asih, Zulkarnain, dan Alwie. 2018. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Ekuitas Merek dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Hotel Swiss-Belinn SKA Pekanbaru).” Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, Vol. X. No. 1 (Januari), Hal: 7-21.

Dharmayana, I Made Arya, dan Gede B. Rahanatha. 2017. Pengaruh Brand Equity, Brand Trust, Brand Preference, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Membeli Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 1, no. 2, pp. 221-232.

Djatmiko, Tjahjono, dan Pradana, Rezza. 2016. “Brand Image and Product Price : Its Impact for Samsung Smartphone Purchasing Decision”. Jurnal of Social and Behavioral Scienc.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Katemung, L. T. S., C. Kojo, dan F. S. Rumokoy. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Genio Manado.” Jurnal EMBA, Vol. 6, No. 2 (April), Hal: 982. ISSN 2303-1174.

Marlen, Kasim, dan Bessie. “Pengaruh Pomosi, Fasilitas, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Menginap (Study pada Hotel T-More Kupang).” Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 10, No. 2 (Juli 2018), Hal: 96-109.

Methaq Ahmed Abdulmajid dan Sallam. 2012. “The Impact of Source Credibility on Saudi Consumer’s Attitude Toward Print Advertisement: The Moderating Role of Brand Familiarity”. Canadian Center of Science and Education.

Nursyamsu, Syarifuddin, Syamsul Bahri D. P. , dan Suryadi Hadi. 2015. “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Repurchase Intention Handphone Merek Samsung Kepada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako di Kota Palu”. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 1, no. 2, pp. 221-232

Purwati, Heri Setiawan dan Rohmawati. 2016. “Analisis Pengaruh Harga Kompetitif dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat”. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS), vol. 2, no. 3.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles