Analisis Pengaruh Kinerja Pelayanan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman Barang pada CV Kapuas Hulu di Pontianak

Authors

  • Suryani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja pelayanan dan kepercayaan pelanggan terhadap keputusan pembelian jasa pengiriman barang pada CV Kapuas Hulu di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah semua responden yang pernah menggunakan jasa pengiriman barang dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran Skala Liket. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kinerja pelayanan dan kepercayaan pelanggan yang di uji menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji analisis korelasi, uji regresi berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun saran-saran dari penulis kepada CV Kapuas Hulu di Pontianak adalah mengingat kinerja pelayanan perusahaan ini telah baik, namun dalam situasi persaingan yang sangat ketat antar perusahaan sejenis maka di sarankan perusahaan dapat mempersiapkan jadwal keberangkatan dan tibanya armada berdasarkan pengiriman.

References

Mulyana dan Sufiyanor. 2009. “Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan.” Jurnal FE Universitas Sultan Agung, vol. 155, no.1.

Nugroho Wahyu, Budi. 2013. “Pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan dan Kepuasan Tethadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang” Jurnal FE Universitas Diponegoro, vol.2, no. 3.

Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ratna Sri, Langgeng. 2019. Manajemen Kinerja dalam Organisasi. Surabaya: CV Penerbit Qiara Media.

Setiadi, Nugroho, J. 2003. Perilaku Konsumen (Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran). Jakarta: Prenada Media,

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles