Analisis Pengaruh Daya Tarik Lokasi, Kualitas Informasi, dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Menginap di Hotel Kini Pontianak

Authors

  • Renita Cornelia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik lokasi, kualitas informasi, dan harga kompetitif terhadap keputusan menginap di Hotel Kini Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Hotel Kini tetapi tidak diketahui jumlah pastinya. Teknik pengambilan sampel pada pada penelitian ini adalah accidental sampling/sampling insidental. Metode mengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diproses dengan bantuan program SPSS 22.00 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), analisis linear berganda dan pengujian hipotesis dengan uji F dan uji t. Pengujian data diproses dengan tingkat kesalahan yang dipakai pada penelitian ini adalah sebesar 5,00 persen. Kesimpulan dari hasil pengujian penelitian adalah variabel daya tarik lokasi, dan kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap di Hotel Kini Pontianak, sedangkan variabel harga kompetitif tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap di Hotel Kini Pontianak.

References

Jogiyanto, H.M. 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Mcleod, Raymod. 2010. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Ruslin, Eva Desembrianita. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa Hotel Oval Surabaya.” Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, vol.16,no.2 (Juli-Desember), hal 345-354.

Schiffman, Leon G. Leslie, Lazar Kanuk. 2004 Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh. Penerjemah Zoelkifli Kasip. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles