Analisis Pengaruh Citra Toko, Harga Kompetitif dan Daya Tarik Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Supermarket Ligo Mitra di Pontianak

Penulis

  • Novita Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra toko, harga kompetitif dan daya tarik kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Supermarket Ligo Mitra di Pontianak. Bentuk penelitiannya adalah kausalitas untuk melihat hubungan sebab akibat dari variabel yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling yaitu responden yang sudah pernah berbelanja di supermarket Ligo Mitra dengan jumlah sampel sebanyak 125 responden. Teknik analisis data terbagi menjadi dua yaitu analisis kualitatif dengan menggunakan skala rating dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi dengan bantuan program SPSS 22 untuk mengolah datanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa citra toko, harga kompetitif dan daya tarik kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada supermarket Ligo Mitra di Pontianak. Adapun saran yang dapat diberikan kepada perusahaan adalah selalu menjaga kualitas terbaik produk yang dijual dan meningkatkan pelayanan dengan menambah fasilitas seperti koneksi internet dan mesin pengecek harga.

Diterbitkan

2020-06-30

Terbitan

Bagian

Articles