Analisis Pengaruh Harga dan Kinerja Pelayanan terhadap Niat Pembelian Ulang pada PBF PT Glory Kencana Abadi di Pontianak

Authors

  • Evi Lestari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga dan kinerja pelayanan terhadap niat pembelian ulang. Populasi dalam penelitian semua apotek dan toko obat yang membeli obat pada perusahaan PBF PT Glory Kencana Abadi di Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak seratus responden. Teknik analisis data berupa analisis Skala Likert dengan bantuan software SPSS Statistic versi 22 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, koefisien determinasi, Regresi linear berganda, dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan instrumen yang digunakan reliabel. Secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel harga dan kinerja pelayanan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel niat pembelian ulang. Saran yang dapat penulis berikan yaitu PBF harus lebih memberi keterjangkauan pada harga dan meningkatkan kinerja pelayanan agar dapat menarik apotek dan toko obat untuk membeli ulang dan detailer semakin semangat untuk menawarkan produk pada apotek dan toko obat.

References

Maran. (2021). Teknik Meningkatkan Pengelolaan Credit Union terhadap Perbankan denganMemanfaatkan Teknologi Online. Jurnal Teknologi, 11(1), 2021, 20-23.

Norfiyanti, Kiki. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Daya Tarik Iklan terhadap Minat beli ulang Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Galon Merek AQUA (Studi Pada Mahasiswa di Kota Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro. Journal of Management: Vol. 5, No. 3, 2012.

Sri Wiludjeng Sunu Purwaningdyah. “Pengaruh electronic word of mouth dan food quality terhadap keputusan pembelian ”. Jurnal Manajemen Maranatha Vol. 19 No. 1, (2019).

Suharyadi, Arissetyanto Nugroho, Purwanto S. K dan Maman Faturohman. 2007. Kewirausahaan: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. Pemasaran Strategik, Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Triyono, Suryo. Analisis Pengaruh Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen terhadap kecenderungan Pembelian Kembali (Repurchase). Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2009.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles