Analisis Daya Tarik Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Borneo Pontianak

Authors

  • Vivie Aprianty Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini untuk mengatahui pengaruh daya tarik promosi dan lokasi terhadap keputusan menginap dengan menggunakan metode kausalitas. Dengan populasi sebanyak 30.125 tamu yang pernah menginap pada Hotel Borneo Pontianak dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif, penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses penelitian ini menggunakan spss 22. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa daya tarik promosi dan lokasi berpenguh positif terhadap keputusan menginap pada Hotel Borneo Pontianak.

References

Babin, Zikmund. 2011. Menjelajahi Riset Pemasaran. Edisi Kesepuluh. Penerbit Salemba empat. Jakarta.

Belch, G.E dan Michael A. Belch. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. 5 th Edition.McGRawHill/Irwin. New York. 2001.

Ferdinand, Augusty. Metode Penelitian Manajemen, edisi kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2014.

Ghozali, Imam. Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS 22. Semarang: Undip, 2014.

Gusti, I Agung Desy Dhevantari Ariatmaja dan Ni Made Rastini. Peran Brand Image Memediasi Daya Tarik Promosi dan Kewajaran Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi. Bali: Universitas Udayana. 2017.

Hartini, Sri. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menginap di Hotel Sakura Palangka Raya. Palangka Raya: STIE Palangka Raya. 2017.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedua belas. Jilid Pertama. Erlangga. Jakarta. 2008.

Lovelock, Cristhoper & Lauren Wright. Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa Agus Widyantoro (Cetakan Kedua). Jakarta: PT Indeks. 2007.

Nitisemito, Alex S. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia. 2001.

Nugroho, Setiadi. 2008. Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga. Kencana. Jakarta.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Rangkuti, Freddy. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communicatio. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama. 2009.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles