Analisis Pengaruh Kinerja Pelayanan dan Harga Kompetitif terhadap Minat Beli Konsumen pada Apotek Agung di Pontianak

Authors

  • Debi Irene Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja pelayanan dan harga kompetitif terhadap minat beli konsumen pada Apotek Agung di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian hubungan kausal, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 125 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kinerja pelayanan dan harga kompetitif berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Hasil pengujian secara parsial (uji T) menunjukkan bahwa kinerja pelayanan dan harga kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen.

References

Putri, Adriana Lantika dan Augusty Tae Ferdinand. Analisis Pengaruh Citra Toko Dan Harga Kompetitif Terhadap Pembelian Ulang Konsumen Pada Toko H.A. Laury Di Semarang. Volume 5, Nomor 3, Tahun 2016.

Reven, Daniel dan Augusty Tae Ferdinand. Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Cara Merek Terhadap Keputusan Pembelian Nesty Collection Jakarta. Volume 6, No. 3 Tahun 2017.

Rustaman, HMA. Wihermana. Pengaruh Service Performance Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Prudential Life Assurance Agency Tasikmalaya. Vol.1 Nomor.1 ,1Desember 2016.

Sudaryono. Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi, edisi pertama. Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2016.

Sudrajat, Ratih Hasanah, Berlian Primadani Satria Putri, dan Cindy Novtantia Putri. Pengaruh Potongan Harga Terhadap Minat Beli (Studi Pada Potongan Harga di iklan Televisi Bukalapak.com Versi Belanja Online Nasional 2015 Terhadap Minat Beli di Kota Bandung). E-Proceeding Of Management: Vol.4, No.1 April 2017.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles