Analisis Pengaruh Citra Toko, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Apotek Kimia Farma di Pontianak

Authors

  • Novi Lestari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra toko, kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian pada Apotek Kimia Farma di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 125 responden yaitu pelanggan Apotek Kimia Farma yang dipilih menjadi anggota sampel, sehingga diperoleh sampel sebanyak 119 responden. Teknik analisis dengan menggunakan Rating Scale dan untuk proses data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan pengujian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi, uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda, uji F dan uji t dapat disimpulkan bahwa variabel citra toko, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Apotek Kimia Farma di Pontianak. Adapun saran-saran dari penulis kepada Apotek Kimia Farma di Pontianak adalah perlunya mengoptimalkan luas toko supaya dapat menyediakan tempat duduk yang lebih banyak dan teratur rapi agar memberikan kenyamanan konsumen saat berbelanja, memperhatikan terus pelayanan maupun kebersihan toko agar reputasi toko yang terpercaya dapat terjaga dengan baik.

References

Chichillia, Selvany Lotulung., Joyce Lapian., dan Sileyljeova Moniharapon. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan WOM (Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss Pada CV.Tristar Jaya Globalindo Manado.” Jurnal EMBA, Vol. 3, No. 3. pp 817-826.

Doni, Gerry Ratela dan Rita Taroreh. 2016. “Analisis Strategi Diferensiasi, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Coffee Island.” Jurnal EMBA, Vol. 4, No. 1. pp 460-471.

Dwitama, Andhika., Suardi, dan Ira Nuriya Santi. “ Pengaruh Suasana Toko dan Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Buku Ramedia Di Kota Palu.” Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, Vol. 2, No. 3, 2016. pp 1-5.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Khasanah, Imroatul., dan Novian Yuga Pamujo. 2011. “Analisis Pengaruh Atribut Produk, Bauran Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise.” Jurnal Aset, Vol. 13, No. 2. Pp 155-163.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles