Kualitas Pelayanan, Harga Kompetitif, Lokasi dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Menginap di Hotel Borneo Pontianak

Authors

  • Tiwy Cimala Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan, harga kompetitif, lokasi, dan daya tarik promosi terhadap keputusan menginap di Hotel Borneo Pontianak Penulis menggunakan bentuk penelitian hubungan kausal dan diolah dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, studi dokumentasi, penyebaran kuesioner.. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa hasil pengisian kuesioner oleh para responden dengan menggunakan alat analisis Skala Rating. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 105 responden yang diperoleh melalui metode Accidental sampling. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari keempat variabel yang diteliti, yaitu kualitas pelayanan, harga kompetitif, lokasi dan daya tarik promosi, atribut harga kompetitif merupakan variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan menginap di Hotel Borneo Pontianak. Saran yang dapat penulis berikan yaitu pihak hotel harus meningkatkan fasilitas pendukung dan memberikan rasa aman kepada para tamu sehingga mereka menjadi terpengaruh menggunakan jasa hotel dimasa yang akan datang.

References

Baunsele, Marlen F.,Abas Kasim dan Juita L.D Bessie. 2018. “Pengaruh Promosi, Fasilitas, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Menginap (Studi Pada Hotel Tmore Kupang)”. Vol.10, No.2, Juli Hal. 96 – 109.

Chandra, M.S., dan M.V.J. Tielung. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Hotel Baliem Pilamodi Wamena”. Vol.3 No.3 Sept , Hal.959-970.

Fajri, Ilham. 2018. “Strategi Peningkatan Penjualan Makanan Tradisional Sunda Melalui Daya Tarik Produk Wisata Kuliner di The Jayakarta Bandung Suite Hotel & Spa”. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol. 8, No. 1.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Jusuf., Laela dan Firda Novita Sari. 2018. “Pengaruh Periklanan dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap di Hotel Grand Dafam Bela Ternate(Studi Pada Tamu Yang Menginapdi Hotel)”. ISSN: 2354-855XVol. 5, No. 2, April.

Katemung, S.T. Laila., C.Kojo., dan F.S.Rumokoy. 2018. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel GENIO Manado”. Vol.6 No.2 April, Hal. 978 - 987.

Lempoy, Christian, N., dan Silvya L. Mandey dan Sjendry S.R. Loindong. 2015. “Pengaruh Harga, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Taman Wisata Toarlummut (Taman Eman) Sonder”. ISSN 2303-1174.

Paramulia, Christy, O., Silvya L. Mandey dan Ferdy Roring. 2019. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Obyek WISATA Rumah Alammanado”. ISSN 2303-1174.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles