Pengaruh Harga Kompetitif dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Penggunaan Jasa Petikemas pada PT Tresnamuda Sejati Cabang Pontianak

Authors

  • Ria Novelly Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga kompetitif dan kepercayaan pelanggan terhadap penggunaan jasa petikemas pada PT Tresnamuda Sejati Cabang Pontianak. Populasi yang diambil adalah pelanggan perusahaan dengan sampel sebanyak 50 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan cara wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Teknik pengambilan sampel (sampling) menggunakan teknik purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan yang sudah berlangganan minimal 3 tahun dan berdomisili di Pontianak. Teknik analisis data terbagi menjadi dua, yaitu analisis kualitatif dengan menggunakan skala rating dan analisis kuantitatif dengan bantuan program SPSS versi 22 untuk mengolah data. Tahapan analisis data kuantitatif mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, analisis koefisien determinasi (R2), uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga kompetitif dan kepercayaan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa petikemas.

References

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Ma’ruf, Hendri. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Mowen, John C. & Michael Minor. Perilaku Konsumen, Edisi kelima, Jilid 2. Jakarta: Erlangga, 2002.

Putri, Adriana Lantika dan Augusty Tae Ferdinand. “Analisis Pengaruh Citra Toko dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko H. A. Laury di Semarang.” Diponegoro Journal of Management, vol. 5, no. 3., hal.1-13, 2016.

Sudaryono. Manajemen Pemasaran: Teori & Implementasi, edisi pertama. Yogyakarta: Andi, 2016.

Yin, Yee dan T.M. Faziharudean. Factors Affecting Customer Loyalty Of Using Internet Banking in Malaysia. Journal Of Electronic Banking Systems Faculty of Business and Accountancy. University of Malaysia. 2010, hal 1-21.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles