Perbandingan Return Saham pada Fenomena January Effect di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Veren Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan return saham pada saat sebelum dan sesudah fenomena January effect di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan studi perbandingan antara return saham menyangkut anomali pasar yang disebut January effect, fenomena dimana return saham lebih tinggi nilainya pada bulan Januari dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Dalam penelitian ini, dilakukan pengamatan pada perusahaan-perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang terdaftar pada hari pertama perdagangan pada bulan November 2018. Hasilnya diketahui bahwa terjadi perbedaan return saham pada saat sebelum dan sesudah fenomena January effect. Jumlah perusahaan yang mengalami peningkatan return cenderung lebih tinggi pada saat sebelum terjadinya fenomena January effect dibandingkan dengan setelah terjadinya fenomena January effect.

References

Balint,Christina., dan Oana Gica. 2012. “Is the January effect present on the Romanian capital market?”. 8th International Strategic Management Conference.

Brahmana, R.K. dan Kontesa, M. (2021). Does Clean Technology Weaken the Environmental Impact on the Financial Performance? Insight from Global Oil and Gas Companies. Business Strategy and the Environment, 30(7), 3411-3423.

Gitman, Lawrence J. 2009. “Principles of Managerial Finance. Tenth edition”. Pearson Education.

Hartono, Jogiyanto. 2017. Teori Portofolio dan Analisis Investasi edisi kesebelas. Yogyakarta: BPFE.

Japlani, Ardiyansyah. 2015. “January Effect in the Indonesian Stock Exchange:Comparison of Big and Small Cap Stock. AKUISISI, vol.11, No. 2.

Keim, Donald. B. 1983. “Size Related Anomalies and Stock Return Seasonalty”. Journal Of Financial Economics.

Mantripragada, Krishna G. Dan Rathinasamy, R.S. 1996. “The January Size Effect Revisited: Is It A Case Of Risk Mismeasurement?”. Journal Of Finance And Strategic Decisions, vol.9,no.3.

Pratomo, Agus Wahyu. 2007. “January Effect dan Size Effect pada Bursa Efek Jakarta Periode 1998-2005”. Universitas Diponegoro. Semarang.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles