Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Hubungan Pelanggan dan Citra Perusahaan terhadap Minat Menjadi Nasabah pada PT BPR Cahaya Wiraputra di Pontianak

Authors

  • Ellen Yoviani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas hubungan pelanggan dan citra perusahaan terhadap minat menjadi nasabah pada PT BPR Cahaya Wiraputra di Pontianak. Pada Penelitian ini penulis menggunakan metode kausal komparatif yang menjadi populasi adalah nasabah yang menabung pada PT BPR Cahaya Wiaraputra di Pontianak. Dalam penentuan jumlah sampel, penulis menggunakan metode purposive sampling menetapkan jumlah 100 responden. Menggunakan analisis kualitatif dengan menganalisis jawaban responden melalui kuesioner yang ditabulasikan, dinyatakan dalam persentase dan dianalisis. Untuk analisis pengaruh variabel independen dan dependen dengan menggunakan program SPSS versi 22, yaitu melakukan uji Validitas, uji Reliabilitas, uji Asumsi Klasik, uji Koefisien Determinasi (R2), uji Korelasi, uji Regresi (R2), uji F dan uji t. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat dikatakan bahwa variabel kualitas pelayanan, kualitas hubungan pelanggan dan citra perusahaan berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah.

References

Budianto, Erwin. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah pada AJB Bumiputera”. Jurnal Ilmu Keuangan dan Perbankan (JIKA), Vol. 8 No. 2.

Caceres, Ruben Chumpitaz, dan Nicholas G. Paparoidamis. 2007. “Service Quality, Relationship Satisfaction, Trust, Commitment And Business-To-Business Loyalty”. European Journal of Marketing, Vol. 41 No. 7/8, pp. 836-867.

Huang, Min-Hsin. 2008. “The Influence of Selling Behaviors on Customer Relationship in Financial Services”. Journal Of Service Industry Management, Vol.19, No.4, pp 459-479.

Maran. (2021). Teknik Meningkatkan Pengelolaan Credit Union terhadap Perbankan dengan Memanfaatkan Teknologi Online. Jurnal Teknologi, 11(1), 2021, 20-23.

Solang, S.L. Mandey, dan O.S. Nelwan. 2014. “Kualitas Layanan Dan Hubungan Pelanggan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kotamobagu”. Jurnal EMBA, Vol.2 No.1, Hal. 78-90 Maret.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles