Analisis Pengaruh Citra Merek Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Avanza pada PT Anzon Autoplaza di Pontianak

Authors

  • Cindy Marcella Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian mobil merek Toyota Avanza di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang membeli mobil Toyota Avanza pada PT Anzon Autoplaza di Pontianak dengan jumlah yang tidak diketahui tepatnya dan jumlah sampel yang ditetapkan sebesar 100 responden dengan menggunakan metode regresi sebagai penentuan jumlah sampel. Teknik pengumpulan data yaitu purposive sampling. Teknik analisis dengan menggunakan skala rating dan menggunakan bantuan program SPSS 22 untuk memproses data dalam penelitian. Berdasarkan pengujian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi, uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda, uji F dan uji t dapat disimpulkan bahwa variabel citra merek, kualitas produk, dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil merek Toyota Avanza pada PT Anzon Autoplaza di Pontianak. Adapun saran yang diberikan penulis kepada perusahaan adalah memperhatikan citra merek dan kualitas produk yang dimiliki dengan membuat kebijakan yang dapat mempertahankan dan meningkatkan produk agar menjadi pilihan konsumen, selain itu menetapkan harga yang kompetitif dengan memberikan potongan harga menarik pada event tertentu untuk menarik minat konsumen untuk membeli.

References

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Jayanti, Ratna Dwi dan Mochammad Zalaluddin Zuhri. 2017. “Analisis Pengaruh Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Teh Pucuk Pada Konsumen De Nala Foodcourt,” Vol. 12 No. 1, ISSN 2549-6018 (online), ISSN 1907-7513 (print).

Kodu, Sarini. 2013. “Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza,” Vol. 1 No. 3, ISSN 23031174.

Masiruw, Cyntia Novyanti,Lotje Kawet, dan Yantje Uhing. 2015. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Rush di Kota Manado,” Vol.3 No. 3, ISSN 2302-11.

Wangean, Ryanto Hariandy dan Silvya L.Mandey. 2014. “Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsnumen Pada Mobil All New Kia Rio Di Kota Manado,” Vol. 2 No. 3, ISSN 2303-1174.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles