Analisis Pengaruh Iklim Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Merpati di Pontianak

Authors

  • Fera Sulastri Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada Hotel Merpati di Pontianak. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai metode pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini sebanyak 70 orang karyawan pada Hotel Merpati di Pontianak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 responden pada Hotel Merpati di Pontianak.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik sampling jenuh. Pembahasan dengan mengunakan uji validitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi. Model Pengujian yang digunakan menggunakan program software spss 22. Hasil dari penelitian ini adalah iklim organisasi dan komitmen organisasiberpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Aryansah, Imam , Erika Setyanti Kusumaputri. “Iklim organisasi dan kualitas Kehidupan kerja karyawan”. Journal Article Humanitas, volume X, no.1, Januari 2013, hal 85.

Edison Emron, Yohny Anwar, dan Imas Komariyah. Manajemen SumberDaya Manusia: Strategi dan Perubahan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung: ALFABETA, CV, 2018.

Kamuli, Sukarman. “Pengaruh Iklim Organisasi terhadap produktivitas kerja pegawai di sekretariat daerah kota Gorontalo”. Journal inovasi,volume 9, no 1, 2012, hal 8.

Karundeng, Christine Chely. “Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT.TASPEN (PERSERO) CABANG MANADO”. E-ournalunsrat, volume 2, no. 3, 2013, hal 7 dan 15.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61

Sedarmayanti. Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama,2017.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles