Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Pasien dan Fasilitas Rumah Sakit terhadap Tingkat Keputusan Pasien Menggunakan Jasa Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso Pontianak

Authors

  • Inawati Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dalam penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan pasien dan fasilitas rumah sakit terhadap tingkat keputusan pasien menggunakan jasa rawat inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua orang yang pernah dirawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso Pontianak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik incidental sampling di mana setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama atau secara kebetulan untuk dijadikan sampel yang secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Berdasarkan hasil pengujian dapat diambil kesimpulan bahwa variabel kualitas pelayanan, kepercayaan pasien dan fasilitas rumah sakit berpengaruh signifikan terhadap tingkat keputusan pasien. Adapun saran-saran yang diberikan penulis adalah pihak rumah sakit lebih meningkatkan ketanggapan perawat maupun tugas medis yang bertugas dalam melayani pasien sehingga pasien yang memerlukan bantuan dapat ditangani dengan cepat, pihak tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso Pontianak juga harus selalu bersikap jujur berkaitan dengan pengobatan yang harus dijalani pasien dan pihak rumah sakit perlu meningkatkan tingkat kebersihan serta kerapian rumah sakit.

References

Harfika dan Abdullah. 2017. “Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien pada rumah sakit umum kabupaten aceh barat daya”. Jurnal Balance vol. 14 no. 1 hal. 1-13.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Jelly, Bernadette & Mandey. 2013. “Promosi, Distribusi, Harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian rokok surya promild”. Jurnal EMBA ISSN. Vol. 1 No. 4, Hal 95-104.

Kodu, Sarini. 2013. “Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota avanza”. Jurnal EMBA ISSN. Vol. 1 no.3, hal 3-9.

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Revisi. Salemba Empat. Jakarta.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles