Analisis Pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Anzon Autoplaza Pontianak

Authors

  • Delia Andriani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Anzon Autoplaza Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh karyawan pada perusahaan sebanyak 209 orang berdasarkan tahun 2019. Pengambilan sampel dengan metode simple random sampling, sehingga jumlah sampel yang diambil sebanyak 137 orang yang merupakan karyawan pada perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil dari uji regresi berganda dapat dirumuskan dalam persamaan Y = 0,238 X1 + 0,010 X2. Hasil dari uji F menyatakan bahwa variabel disiplin kerja dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hasil dari uji t menyatakan bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan tetapi variabel lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

References

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Hamali, Arif Yusuf. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS, 2016.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Priansa, Doni Juni. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta, 2016.

Rivai, Veithzal, dan Ella Jauvani Sagala. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik, edisi kedua. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles