Analisis Pengaruh Daya Tarik dan Kualitas Layanan terhadap Minat Menabung Credit Union Cenaga Antun TP Bangkang Paholang Betenung Kecamatan Nanga Tayap Kabupaten Ketapang

Authors

  • Cornelius San Beto Ata Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Dalam perkembangan jasa di Indonesia membuat perusahaan pada sektor pemasaran jasa berusaha meningkatkan kompetensi dan keunggulan layanannya agar tidak tergeser oleh pesaing pada sektor yang sama. Seiring dengan perkembangan zaman yang lebih modern, tingkat persaingan menjadi lebih ketat terutama di bidang ekonomi, hal ini berkaitan erat dengan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah diantaranya adalah perbaikan dibidang perekonomian. Sebagai negara yang berkembang, banyak usaha–usaha yang dilakukan untuk membantu dan mempermudahkan dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu lembaga keuangan yang memegang peran penting dalam perekonomian, khususnya masyarakat yang berada di provinsi Kalimantan Barat yaitu credit union. Setiap Credit Union yang didirikan mempunyai tujuan masing-masing yang akan dicapai. Beberapa tujuan di antaranya dengan meningkatkan jumlah anggota dan simpanan anggota guna mempertahankan kelangsungan Credit Union (CU. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai kebijakan daya Tarik produk dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kausalitas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan sampling insidental dengan jumlah sampel dari populasi 100 orang responden. Data diolah menggunakan program statistical pacekage for social science (SPSS) versi 22. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis kualitatif yaitu dengan Skala Rating, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi berganda, serta uji f dan uji t. Hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa variabel daya tarik produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap variabel minat menabung.

References

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran, Jilid 2 Edisi 12. Jakarta: TP Macanan Jaya Cemerlang, 2008.

Maran. (2021). Teknik Meningkatkan Pengelolaan Credit Union terhadap Perbankan dengan Memanfaatkan Teknologi Online. Jurnal Teknologi, 11(1), 2021, 20-23.

Miluanus. Kebijakan Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Anggota Menabung Pada Credit Union Mura Kopa Di Balai Karangan. Program Studi Manajemen STIE Widya Darma Pontianak, vol 1, No. 10, Februari 2017.

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV Andy Offset, 2014

Widiyanti, Ninik dan Y.W. Sunindhia. Koperasi dan Perekonomian Indonesia, Edisi Kelima. Jakarta: RinekaCipta, 2008.

Yuniar Anggita Putri: “Pengaruh Daya Tarik Produk, Word Of Moutn dan Citra Merek Terhadap Minat Menjadi Nasabah Kredit Mikro.” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol XII,No.3 (Desember 2013), 283-300.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles