Analisis Pengaruh Harga Kompetitif dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ban Mobil Merek DUNLOP pada CV Tri Jaya Sukses di Pontianak

Authors

  • Stevani Putri Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga kompetitif dan kualitas produk terhadap minat beli ban mobil merek Dunlop pada CV Trijaya Sukses di Pontianak. Pada Penelitian ini penulis menggunakan metode kausal komparatif yang menjadi populasi adalah konsumen yang menggunakan produk ban mobil merek Dunlop di CV Trijaya Sukses. Dalam penentuan jumlah sampel, penulis menggunakan metode accidential sampling dengan rumus slovin dan menetapkan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Menggunakan analisis kualitatif dengan menganalisis jawaban responden melalui kuesioner yang ditabulasikan, dinyatakan dalam persentase dan dianalisis. Untuk analisis pengaruh variabel independen dan dependen dengan menggunakan program SPSS versi 22, yaitu melakukan uji Validitas, uji Reliabilitas, uji Asumsi Klasik, uji Koefisien Determinasi (R2), uji Korelasi, uji Regresi (R2), uji F dan uji t. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat dikatakan bahwa variabel harga kompetitif dan kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli.

References

Rizky, Muhammad Fakhru dan Hanifa Yasin. 2014. “Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan.” Jurnal Manajemen & Bisnis, Vol. 14, No. 2, Hal. 135-143.

Sudrajat. Ratih Hasanah. Berlian Primadani Satria Putri, dan Cindy Novtantia Putri. 2017. “Pengaruh Potongan Harga Terhadap Minat Beli (Studi Pada Potongan Harga di iklan Televisi Bukalapak.com Versi Belanja Online Nasional 2015 Terhadap Minat Beli di Kota Bandung.” E-Proceeding of Management, Vol.4, No.1, Hal. 972-983.

Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing in Practice, edisi pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sundalangi Marchelyno, Silvya L. Mandey, dan Rotinsulu Jopie Jorie. 2014. “Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado.” Jurnal Ekonomi,, Vol 2, Hal. 313-324.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles