Studi Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran melalui Kualitas Hubungan Pelanggan (Studi Kasus pada UMKM Bidang Fashion Kota Pontianak)

Authors

  • Nathania Soetoyo Putri Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Perekonomian selalu berubah setiap tahunnya sehingga Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus mencari strategi untuk memperoleh lebih banyak pelanggan dengan cara berorientasi pada pasar dan diikuti dengan menjaga kualitas hubungan yang baik dengan pelanggan. Inilah yang menjadi perhatian penulis apakah variabel orientasi pasar dapat meningkatkan kinerja pemasaran UMKM bidang fashion melalui variabel kualitas hubungan pelanggan. Tujuan kinerja pemasaran yang baik adalah meningkatnya penjualan, konsumen, laba, dan pencapaian target penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antara variabel dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemilik UMKM bidang fashion di kota Pontianak yang berjumlah 450 gerai berdasarkan data jumlah UMKM di Pontianak dari tahun 2016 hingga 2018. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan menggunakan Rumus SEM. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Sampel berjumlah 108 sebelum screening menjadi 101. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan AMOS 23, variabel orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas hubungan pelanggan dan kinerja pemasaran pada UMKM fashion Kota Pontianak. Sobel Test juga menunjukkan peran positif kualitas hubungan pelanggan sebagai mediator kedua variabel lain. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh orientasi pasar oleh UMKM fashion Kota Pontianak dapat berpengaruh terhadap kinerja pemasaran melalui kualitas hubungan pelanggan. Adapun saran yang dapat diberikan oleh penulis adalah para pengelola UMKM fashion Kota Pontianak dapat meningkatkan kinerja pemasaran mereka dengan orentasi pelanggan yang tepat diimbangi dengan kualitas hubungan pelanggan yang baik agar mudah mendapatkan informasi.

References

Adiele, Kenneth C., dan Justin M O Gabriel. ” Customer Relationship Management and Bank Performance in Nigeria: An Empirical Validation Study”. International Journal of Science and Research (IJSR), Volume 2 Issue 1, January 2013, pages 416-422.

Azizah, Umi dan Ida Maftukhah. “Pengaruh Kemitraan dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing”. Management Analysis Journal, Vol. 6 No. 2, 2017, hal. 206-213

Barnes, James G. Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan (judul asli: Secrets of Customer Relationship Management), edisi kedua. Penerjemah Andreas Winardi, Spd. Yogyakarta: Penerbit Andi

Ching-Hsu Huang. “Impact of Relationship Quality on Customer Loyalty”. Jurnal of Contemporary Management, Taiwan, 2012.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles